SKETSA : BEJO KESERUDUK ANGKOT





oleh : Oesman Ratmadja


Karena motor kreditannya yang tiga bulan belum di bayar akan segera disita oleh dealer, Bejo yang kesel sama tukang tagih bin debt colector, menggunakan motor yang konon akan disita untuk kebut-kebutan di jalan raya.
“ Biar ada kenangan dan nggak mati penasaran,” kata Bejo, pada tetangga yang motornya sudah lebih dahulu disita dealer atau tepatnya tiga minggu silam.
Berkat kehebatannya ngebut dan ugal-ugalan di jalan raya, akhirnya, Bejo diseruduk sopir angkot. Sang sopir kesal dengan ulah Bejo yang ngatain angkot sudah melanggar undang-undang karena ngetem sembarangan dan selalu beralasan memburu penumpang demi setoran.
Bejo yang luka parah, sulit bangun, akhirnya, dinaikkan ke truk sampah untuk dilarikan ke tempat pembuangan sampah akhir. Untung, tetangganya yang melihat Bejo kena musibah mengetahui hal itu. Meski kesal sama Bejo, tuh tetangga ngebela banget sama bejo. Dia ngotot saat tau tetangganya akan di bawa ke tempat pembuangan sampah.
“ Lu kira si bejo sampah organik. Enak aja, lu. Awas yaa, kalo kalian bawa ke pembuangan sampah dan bukan ke rumah sakit, bakal gue perkarain” Kata Tetangga Bejo yang ngotot, dan ia jadi lupa kalau dirinya kesal sama Bejo, karena sekesal kesalnya dia sama Bejo, toh Bejo juga masihak  manusia dan bukan sampah. Kalo mati saat ditabrak angkot, yaa wajib dikubur. Bukan di buang ke tempat pembuangan sampah
“ Pak dekat TPA tuh ada rumah sakit bagus. Masuknya gratis, pulangnya juga bisa gratis kalau berhasil dan sukses minggat diam diam dari rumah sakit,” jelas si Sopir sampah, yang maklum kalau tetangga Bejo marah, tapi setelah dijelasin akan dibawa ke rumah sakit, dia malah cepet cepet minta maaf dan setelahnya  minta sebatang rokok sama si supir sampah.
Di rumah sakit yang bayarnya mahal, Bejo yang kesakitan, berniat bangun malam dan akan mencoba berdoa agar penyakitnya disembuhkan dan rumah sakit membebaskan dirinya dari biaya yang memberatkan. Mana mungkin bisa bayar kalau buat cicilan motor aja susah banget
Untuk itu, Bejo pesan ke pasien di sebelah tempat tidurnya, agar bersedia membangunkan dirinya pada pukul tiga atau setengah empat.
Bejo sangat jengkel dan ingin marah pada pasien di sebelahnya. Sebab, sudah pesan, sudah minta tolong di bangunkan tengah malam, ia malah bangun dengan sendirinya dan waktu sudah menunjukkan pukul tujuh
“ Sesama pasien harus tolong menolong, tau “ Bejo yang kesal ngegerutu, ke pasien di sebelahnya.
“ Heiii lu gak tahu kalau gue lagi kesel sama elu!” Bejo yang kesal ngebentak. Karena pasien di sebelah nya tak juga menjawab, Bejo yang jadinya makin emosi, segera tu un dari ranjangnya.
Ia langsung mencekal krah baju pasien disebelahnya. Setelah bisa ngangkat dan melihat jelas wajahnya, Bejo yang berniat menghajar pasien di sebelahnya, seketika terbelalak. Ia benar-benar sangat kaget. Makanya, tanpa malu ia kontan berteriak.
“ Suster, tolooooong… Toloooooong “
Teriakan Bejo terdengar suster yang kebetulan lewat. Sang suster atau perawat, segera menghampiri Bejo.
“ Aduuuh, bapak. Kayak anak kecil aja, deh. Kalau ada perlu dan mau minta tolong, kan cukup dengan pencet bel, saya atau teman yang lain akan segera datang untuk membantu. Sekarang bapak mau minta tolong apa? “ Kata si perawat.
Bejo yang takut, menjawab dengan begitu gugup
“ Toloong bawa pasien di sebelah saya secepatnya “
“ Bawa kemana?” Tanya suster
“ Bawa ke kuburan. Dia itu sudah almarhum alias sudah koit, tau “
“Yaa, bapak.Ngeliat orang meninggal bukan nyebut Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, eh, malah ketakutan. Jadi lelaki, tuh, kayak Sumito, dong. Begitu ngeliat mayat, dagingnya langsung dimakan “
“ Dasar suster. Saya ketakutan malah diledek. Ntar saya lamar dan saya jadiin isteri ke empat, baru tau,lho!” Karena kesal, Bejo langsung ngedumel.
“ Baru mau punya isteri empat saja bangga,“ celetuk Suster. “ Saya, nih, sudah punya suami empat kali, nggak gembar-gembor, tuh “
Bejo jadi lebih kepingin ngerenungin nasib. Mulai dari dia ngebut, sampai akhirnya sampai di rumah sakit dan emosi sama pasien yang ternyata sudah wafat. Kare na menyadari, dia akhirnya berkata
“ Kalau suster saya jadiin isteri ke empat, berarti saya jadi suami ke lima dong. Ogah, ah. Sebab, saya yakin, anu suster pasti sudah lama jebol.
“Enaak,aja, Memangnya anu saya sama dengan tanggul Situ Gintung. Tiap hari saya minuman jamu galian kabel, tau.
Sahut suster, yang lantaran kesal sekesal kesalnya, lantas mengangkat Bejo yang sudah lemah lunglai karena sudah ketabrak angkot, ke ranjang sebelahnya, yang pasiennya sudah jadi mayat. Suster bergegas meninggalkan Bejo dan mengunci ruang rawat dari luar.
Kali ini, Bejo yang tadi bisa menjerit. Langsung jadi bego. Nggak bisa ngejerit lagi. Bagaimana mau ngejerit panjang, wong Bejo langsung pingsan.



viglink.com/?vgref=911473





0 Response to "SKETSA : BEJO KESERUDUK ANGKOT"