KETIKA MUMUN NGAMBEK

oleh : Oesman Ratmadja



APAKAH anda sayang sama isteri dengan sepenuh hati?
Kalau Mat Blontos sih nggak ragu buat ngejawab kalau dia sangat sayang sama Mumun. Sebab, Mumun juga sayang banget sama Mat Blontos. Buktinya, tiap pagi Mumun selalu ingat apa yang diinginkan suaminya jelang berangkat kerja. Lantaran ingat keinginan Mat Blontos, yang namanya kopi dan teh manis serta goreng pisang, selalu tersedia di meja.
Mumun juga nggak pernah lupa menyiapkan perlengkapan kerja suaminya. Gak heran kalo Mat Blontos gak pernah buka lemari pakaian. Sebab, mulai daleman sampai luaran, selalu sudah tersedia dan yang tinggal pakai gak cuma CD, celana, kaos kutang dan baju doang. Sepatu yang selalu kelihatan mengkilap pun, selalu tinggal pakai aja.

Nah...gimana Mat Blontos gak sayang sama Mumun, yang tiap dia pulang kerja merasa sejuk karena Mumun tak cuma ada di rumah dan sudah menyiapkan minuman ples hidangan makan sore atau malam. Tapi juga sudah menyiapkan pakaian ganti, handuk dan air panas buat suaminya bersih bersih badan, setelah seharian capek mencari nafkah.

Gak heran, kalo Mat Blontos selalu ready untuk kerja keras, dan hasilnya tentu saja diberikan kepada Mumun. Dalam hal keduitan Mat Blontos nggak pernah memelintir dompet. Yang dia peroleh dari kerja kerasnya, diserahkan semua kepada Mumun. Dalam hal ini, Mat Blontos nggak pernah mau ngutil. Apalagi sengaja ngumpetin atawa sengaja ngurangin jatah.

Karena sayang sama isteri, Mat Blontos gak pernah ngikutin gaya hidup rekan rekannya yang kerap nyisain atau ngumpetin uang, yang secara khusus digunakan untuk biaya kenakalan orang lelaki. Dan Mat Blontos gak peduli jika rekannya suka ngeledek. Sebab, tiap dibilang suami ngeper sama isteri, Mat Blontos menghadapinya dengan sabar, dan dia yakin, rekan rekannya salah paham. Sebab, yang dilakukan bukan karena takut sama isteri. Melainkan sayang sama Mumun. Soalnya, Mumun juga sangat sayang pada Mat Blontos.

Saking sayangnya, Mumun gak maksa suaminya untuk memenuhi keinginan Mumun yang kepingin banget punya pesawat pribadi. Mumun sadar banget, kalau suaminya gak mungkin bisa ngebeliin karena punya motor aja lantaran sekarang jaman kredit. Coba kalau mesti beli kontan, boleh jadi suaminya masih aktif bergelantungan di metro mini, yang selalu sesak penumpang tapi kondekturnya selalu bilang masih kosong.
Waktu Mumun bilang mau banget banget punya rumah di kawasan pondok indah, dan Mat Blontos bilang bagaimana jika gue cuma mampu membawa kamu tinggal di rumah kontrakan, Mumun malah bersyukur karena sadar, penghasilan suaminya jauh dari keren. Meski begitu, Mumun lega karena masih banyak pasangan suami isteri yang hanya mampu ngontrak di rumah petak. Sedangkan suaminya masih bisa ngontrak di sebuah kawasan perumahan.
. Mumun juga gak maksa Mat Blontos yang nggak sanggup memenuhi permintaan Mumun ketika Mumun ngajuin permohonan untuk dibelikan kulkas lima pintu. Sebab, Mumun sadar, meski beli langsung ke Jepang atawa ke Jerman, suaminya nggak bakalan bisa menuhin permintaan Mumun. Soalnya sampai saat ini, tuh kulkas lima pintu belum diproduksi.

Kalau begitu, kenapa Mumun mendadak ngambek dan sore itu, saat Mat Blontos pulang kerja Mumun bukan saja lalai dalam melaksanakan kebiasaannya, menyediakan hidangan. Tapi juga melalaikan kebiasaan lainnya, menyiapkan pakaian pengganti dan tak menyediakan air panas?

" Untuk kali ini, mau nggak mau gue harus ngambek, bro" ujar Mumun.
Soalnya, menurut Mumun, suaminya sudah berjanji bakal memenuhi permintaan Mumun yang ngajak berlebaran di kampung. " Dia bilang, kan, oke. Sebab, bakalan dapat THR yang jumlahnya lumayan gede. Nah, kemarin mestinya tuh doku THR diserahkan ke gue. Nyatanye, dia bilang duitnya habis dipakai untuk ngebantu nambahin biaya pengobatan adiknya yang di rawat di rumah sakit, karena penyakit usus buntunya harus segera dioperasi dan untuk itu harus bayar uang muka yang jumlahnya sepuluh juta "

Lhoo...kan buat yang punya kartu BPJS otomatis diterima sebagai pasien yang wajib dirawat tanpa harus membayar uang muka?

Nah itu dia yang jadi penyebab gue mesti ngambek, jelas Mumun. Mestinya kan adik suami gue gak nyusahin kakaknye. Sebab, sudah pernah dikasih duit buat bikin BPJS kesehatan. Nyatanya, tuh duit malah dia pake buat yang lain. Brengsek banget, kan?

Tapi, kan, yang dilakukan suami bukan buat biaya selingkuh ?

" Eh bro, " Mumun kontan merongos. " Kalo sebelumnya dia bilang dulu, ngejelasin dengan terus terang, mungkin gue nggak kheki. Lantaran dia bertindak tanpa kompromi sama isteri, tentu aja gue anggap selingkuh. Memang, selingkuhnya bukan untuk biaya kenakalan. Tapi buat nolong adiknya. Cuma, tetap aja gue gak suka kalo tindakannya tanpa dirundingin lebih dahulu sama isteri. Ngerti gak lo ?"

Eh busyet deh. Jadi segen nambah pertanyaan. Sebab, ngambeknya Mumun beralasan kuat.
Jadi, serahin aja deh semuanya ke Mumun dan suaminya Mat Blontos.

Mat Blontos yang menyadari kesalahannya karena bertindak tanpa kompromi, jadi maklum kenapa pas pulang kerja gak disediain minimal air putih dan minimal air panas buat mandi. Karena maklum, dia tidak ngebalas dengan sikap ngembek. Mat Blontos yang lebih ingin suasana tidak memanas, meski terpaksa dia ikhlas bikin teh manis sendiri, dan ngambil makanan tanpa dilayani.

Setelah mandi tanpa air panas,juga rela ngambil pakaian pengganti sendiri.
Dia cuma berharap, Mumun, isterinya, tak ngambek sampai Lebaran.


Bersambung.......






0 Response to "KETIKA MUMUN NGAMBEK"