TUKANG CERMIN ALIH PROFESI

AKHIRNYA (setelah merenung ribuan jenak), JAPRA meyakinkan diri kalau rencananya harus dilaksanakan dan tentu saja dia siap menanggung segenap risiko yang bakal dihadapi. Pokoknya, Japra yang sudah sangat bertekad ambil keputusan untuk alih profesi, tak merasa takut lagi menghadapi risiko yang kapanpun bakal datang dan jika risiko itu menyapanya, Japra siap menghadapinya.

"Abang serius?" Tanya Markonah, sang bokin, yang mulanya merasa bangga karena dialah yang menurut Japra orang pertama yang diberitahu, tapi setelah mendengar info dari Japra Markonah ikhlas untuk merasa terkejut,

"Serius dong say..." sahut Japra. " Tapi," sambung Japra , " Kamu jangan kaget kayak gitu, dooong. Sebab, abang sudah sangat siap menanggung risiko yang bakal bermunculan"

" Tapi kaget Onah kaget yang sungguh sungguh ikhlas, bang," ujar Markonah, yang lantas buru buru ngejeblak alias ngejelasin, kalo dirinya yang kaget ikhlas, belum bisa menerima keputusan yang diambil lakinya, sebab, kalo Japra alih profesi sama artinya untuk sementara suaminya nganggur.

"Terus..." kata Markonah menuntaskan. " Kalo abang insaf dan nggak mau dagang cermin lagi, lantas darimane abang dapat duit buat ngasih uang belanja ke Onah. Emangnye, abang bisa nahan lapar meski misalnya cuma seminggu?"

Japra buru buru menjinakkan kecemasan Markonah dengan sangat elegan. Tanpa buang waktu sedikitpun, segera menjelaskan kalau soal uang belanja tak perlu dikuatirkan lantaran dirinya sudah punya dana cadangan untuk biaya makan setahun.

" Dari mana abang punya duit buat makan setahun?" Tanya Markonah yang kelihatan justeru sama sekali gak percaya.

Tapi, lantaran Japra ngeloyor ke kamar dan kagak lama balik maning ke tempat semula sembari buru buru nyerahin buku tabungan ke bokinnya, Markonah yang masih cemas kayak kagak percaya. Cuma, ketidak percayaannya berlakunya sejenak doang. Soalnya, sejenak kemudian Markonah yang sudah melihat isi buku tabungan lakinya, kontan mengubah wajah cemasnya jadi hepiii banget.

Saking hepinya, tanpa ragu atawa malu malu gajah, Markonah langsung bilang agar besok, lakinya ke bank, ambil tabungan karena besok, dirinya akan ngeborong sembako agar kalau harganya yang sering naik tanpa rencana, pas memang naik lagi dan naik maning, dirinya gak stress mikirin ulah pedagang yang hobi banget naikin harga bahan pokok seenak dengkul dan senikmat isi perutnya.

Japra cuma mengiyakan dan setelah menarik nafas selega lapangan GBK di Senayan yang belum pernah digunakan untuk kejuaraan sepakbola dunia, karena tim PSSI lebih mantap untuk kalah terus dalam bertanding melawan negara lain, Japra lalu pamit pada Markonah karena dia akan memberi Informasi ke pak Lihun, mertokunya, tentang keputusan yang sudah ditetapkan olehnya tanpa perlu minta izin pada menteri perdagangan terlebih dahulu.

Ternyata, mertokunya yang tak lain pak Lihun alias bokapnya Markonah, sama sekali kagak beda sama anaknya. Mendengar info langsung dari Japra, menantunya, yang baru saja bilang insaf dari kegiatan rutinnya berdagang cermin, kagetnya bukan kaget biasa saja. Tapi kageeeeet banget.

" Japraaaaa... Japra.. Berani beraninya lu insaf jualan cermin. Lantas, kalo lo nganggur lantaran kagak mau jualan cermin lagi, si Markonah sama dua cucu gua yang masih butuh biaya, mau lo kasih makan apa? Lantas, gimana akhirnya kalo dua anak lo itu kagak bisa nerusin sekolahnya?"

Japra, yang melihat mertokunya emosi setelah kaget banget, bukannya keder eeeh malah senyum manis yang pake hepi. Tentu saja, Pak Lihun yang semula emosi lantaran kuatir keputusan Japra berdampak negatif buat keluarganya, kini, dongkol banget sebab mantunya malah keliatan hepi banget.

"Muke gile lo Japra. Gue kaget lantas emosi, eh lo malah nimpalin pake senyum hepi. Lo tau gak sih, kalo sikap lo cuman bikin gue berubah jadi dongkol ?" Kata Pak Lihun, yang tanpa ragu atawa malu lantas minta sebatang rokok sama mantunya, lantaran mulutnya merasa asem.

Japra buru buru ngeluarin bungkus rokok dari sakunya. Setelah menyodorkan sebatang, menyalakan korek dan membantu mertokunya menyulut rokok yang siap dikenyot seasyik asyiknya, Japra lantas mengeluarkan suaranya dengan begitu tenang.

" Saya maklum banget kalo babe kaget. Sebab, Markonah yang sudah saya kasih tau, nggak beda sama babe. Dia juga kaget. Tapi, sekarang Markonah malah hepi. Sebab, saya sudah menyerahkan buku tabungan saya, yang isinya lumayan banyak, bisa dipake buat biaya makan dan biaya sekolah anak anak selama setaon "

Pak Lihun yang awalnya kaget lantaran kuatir, kembali kaget. Saking kagetnya, nyaris ujung rokok yang memerah karena terbakar api, dimasukin ke mulutnya. Untung, pak Lihun ngeh kalo cara merokoknya jadi salah posisi. Kalo kagak, boleh jadi bibirnya yang rada sedikit dower makin dower.

" Jadi... jadi... Lo udah siapin dana buat setahun dan sudah jaga jaga kalo lo nganggur lama?" Tanya pak Lihun dengan nada yang jauh dari emosi lantaran kagetnya yang kedua berdimensi senang.

"Kalo babe kagak percaya, kontak aja hp anak babe."

"Kayaknya gak perlu deh. Cuma, kenape lo pake ambil keputusan buat insaf dari dagang cermin dan malah ngotot mau alih profesi? " ungkap pak Lihun.

"Begini lo be," Japra buru buru menjelaskan.
Kong Lihun menyimak sembari nyedot rokok kreteknya
"Kayaknya, apa yang saya lakukan tidak memberi arti banyak buat pribadi saya. Memang, cermin yang saya jual laku keras dan memberi keuntungan materi buat saya. Cuma, setelah belasan taon ngejual cermin, saya tak dapat kepuasan apapun selain mendapat keuntungan materi."

"Gue kagak ngerti ape maksud lo?" Pak Lihun memotong uraian mantunya

" Be... saya tuh dagang cermin bukan buat ikhtiar saja. Tapi, juga sebagai ibadah. Nah, karena ada dimensi ibadah, saya selalu berdoa, agar cermin yang saya jual dapat memberi multi manfaat untuk pembeli. Jadi, ketika mereka menggunakan cermin yang dibeli dari saya, tuh cermin yang sudah saya desain seindah mungkin, mestinya bukan cuma dipake buat sebatas senyam senyum, bukan sebatas untuk memeriksa pertumbuhan jerawat di pipi untuk kemudian memencetnya. Juga bukan untuk mengetahui apakah di kepalanya sudah tumbuh rambut putih atau apakah kepalanya yang semula berambut lebat sudah berubah jadi pitak"

" Eeeh busyet daaah. Lo kan cuma dagang cermin, ngapain pake mikirin hal yang kate gue sih ngejelimet banget , Pra. " Tukas Engkong Lihun, yang harap dimaklumin kalo die yang asyik nyedot rokok ngedadak ternganga.

"Lantas apa salahnye kalo tuh kaca yang lo jual dipake buat ngeliat jerawat doang"

" Memang gak ada salahnya, be. Cuma, saya merasa ikut dosa, kalo yang saya jual tidak memberikan dampak positif yang maksimal. Sebab, saya dagang bukan cuma buat cari duit. Tapi juga sebagai ibadah, dan berharap setiap cermin dipake sama pembeli untuk mengaca dan mengkaji diri. "

"Maksud lo... supaya orang orang yang pade pake cermin nggak segen segen buat introspeksi diri?"
Tanya pak Lihun, yang pikiran beningnya mulai terbuka dan bisa nangkap apa yang diinginkan oleh Japra, sang menantu yang mau alih profesi setelah insaf dari kegiatan rutinnya berjualan cermin.

"Tuuuh babe paham," Japra buru buru nyahut.
Lantas, Japra buru buru menjelajah harapan yang ingin diwujudkannya karena berikhtiar termasuk bagian dari ibadah, sembari melepas kata katanya yang meluncur dari hati

" Be... kalo kite nggak mau introspeksi diri, lantas kapan hawa nafsu nyolong duit negara bakal berakhir, dan gimana kondiri negara kita kalo sudah ada KPK tapi korupsi malah meraja dan meratu lela. Kapan kelarnya kebiasaan saling hujat dan saling nyalahin orang lain tapi kagak pernah berani nyalahin diri sendiri. " kate Japra yang baru saja kepingin bilang, kapan para orangtua menjadi hamba yang sholeh kalo dirinya tetap bersifat buruk tapi tetap kepingin anaknya tumbuh dan berkembang jadi anak soleh.

Tapi, Japra kagak jadi mengungkapkan, lantaran mertokunya menyuruhnya stop ngomong.

" Stop ngomong deh Pra. Gue ngerti ape mau lhoo. Cuma, kalo akhirnya lo bilang orang yang udeh punya umur kudu buru buru bercermin buat tobat, sama aje lo sengaja nyindir gue. Timbang gue kesinggung, lebih baik lo cepet cepet ke belakang, bilang sama nyak si Onah supaya buru buru nyeduh kopi lantaran kepala gue mulai keleyengan"

Japra kagak berani menuntaskan kata hatinya yang sebenarnya masih perlu diuraikan lebih lanjut


   

   

0 Response to "TUKANG CERMIN ALIH PROFESI"