BELAJAR IKHLAS

oleh : Oesman Ratmadja

PAS ketemu sama mbah Kesurupan, tanpa ragu atau malu, BANG KEPLEK menanyakan soal hati yang ikhlas itu seperti apa dan bagaimana cara memahami agar segala sesuatu yang kita lakukan barktegori ikhlas
" Keplek... Keplek...kalo lo mau belajar ikhlas, jangan sama gue. Sebab, gue bukan ustadz. Dan gue kagak bisa ngejelasin secare detil lantaran lo belum tentu paham sama penjelasan gue," sahut mbah Kesurupan
" Ngerti ape kagak lo?" Tanya Mbah Kesurupan yang terpaksa bertanya dengan suara agak kencang lantaran Keplek malah bengong.
" Ngerti sih.? Cuma, saye mesti belajar atawa nanya ke siape kalo mbah yang udeh kenyang nelen garam kehidupan malah bilang kayak gitu," keluh Bang Keplek.
Setelah berpikir sejenak, mbah Kesurupan lantas ngasih solusi. Tanpa ragu lagi, si mbah nyaranin supaya Keplek nanya atawa belajar langsung ke sosok yang dianggap oleh mbah Kesurupan paham soal yang ditanyakan oleh Keplek. Setelah Mbah Kesurupan menyebut nama ABU LAWAS, bang Keplek malah bengong abis. 
" Eh, Keplek, barusan, kan, lo minta solusi. Kenape gue nyebut nama ABU LAWAS lo malah bebalik kaget?"
" Mbah..." sahut Keplek dengan sedikit merasa nggak enak hati. 
"Memangnye Abu Lawas tuh ustadz?"
" Keplek...Keplek... Abu Lawas emang bukan ustadz. Tapi, gue yakin die lebih ustadz dari kebanyakan ustadz. Sebab, die bisa ngomong ape aje tapi juga bisa ngebuktiin atawa ngeaksain nyang die omongin. Kalo lo nggak percaya, di pengajian Minggu Subuh lo hadir. Nanti baru lo bisa ngeliat sekeligus bisa paham sama masalah yang lo tanyain ke gue?" kate Mbah Kesurupan.
"Emangnye, nyang bakal ceramah Abu Lawas dan temanya soal ikhlas?" Tanya Keplek
"Yaa iyalah... Cuma, temanye bukan tentang ikhlas, tapi soal kematian. Nah, lo kudu izin sama boss lo supaya sebelon Subuh lo udeh bisa ninggalin pos satpam tempat lo kerja. Oke?" Kate Mbah Kesurupan yang lantas pamit ke Keplek lantaran doski mau ngejemput cucunye nyang sekolah di sebuah TK
Keplek emang nepati janjinye sama mbah Kesurupan. Cuman, die heran lantaran sepanjang ceramahnya Abu Lawas sama sekali kagak nyinggung soal Ikhlas. Meski begitu, Keplek merasa dapat hal baru dan mulai paham kenapa pada akhirnya manusia bakal di jemput sang maut, dan setelahnya bakal diminta pertanggung jawaban oleh Sang Khalik.
Setelah acara dinyatakan selesai, Mbah Kesurupan memanggil Keplek. Begitu Keplek duduk di sisinya,Mbah Kesurupan--dengan berbisik, minta tolong agar Keplek memberikan amplop ke Abu Lawas sembari memasukan amplop berisi doku ke saku pakaian yang dikenakan Keplek.
" Lhooo... kenape mesti saye yang ngasihin amplopnye?" Tanya Keplek.
"Sesekali, lo mesti nolongin gue. Lagian,nggak berat, kan kalo timbang ngasihin amplop?" 
Mau nggak mau,Keplek menerima permintaan mbah Kesurupan. Hanya, saat dia mau berdiri, malah melihat Abu Lawas berdiri dan setelah pamit ke semua yang hadir, segera melangkah untuk pulang ke rumah.
"Mbah... ape nyang mesti saye kerjain kalo Abu Lawas udeh keburu pulang?" Tanya Keplek.
"Laksanain aje amanah lo. Nggak susah, kok, kalo cuma tinggal ngelangkah cepet cepet sebelum die sampe ke rumah," kate Mbah Kesurupan.
Tanpa buang waktu, Keplek bergegas melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya. Nggak ada sepuluh menit, Keplek yang mengejar sampai ke jalan sudah kembali dan langsung menyerahkan amplop yang tadi dimasukkan ke saku bajunya kepada mbah Dukun.
"Looo... kenape lo balikin lagi ke gue? Kan tadi gue suruh lo kasih ke Abu Lawas" Tanya Mbah Kesurupan 
Keplek buru buru ngejelasin.
Kata die, setelah menerima amplop dari Keplek, ABU LAWAS sembari bilang terima kasih lantas mengembalikan amplop ke Keplek. Setelah itu, ABu Lawas mengatakan, bahwa dirinya sudah mendapat upah dari ALLAH, dan upah yang kelak diterimanya jauh lebih besar karena dijamain tak bakalan habis dan benar benar bisa dibawa sebagai bekal menuju kampung akhirat
"Bener nih die bilang begitu?" Tanya Mbah Kesurupan.
"Bener mbah. Makanya, saya balikin lagi ke Mbah. Padahal, bisa aje saya bilang udeh saye kasih ke die. Cuma, lantaran saye percaya die nyampein ilmu dengan ikhlas, saya yang semule punya niat mau nilep, jadi ikhlas ngembaliin ke si mbah supaye dimasukin lagi ke kas mesjid," ujar Keplek
Setelahnya, Keplek berterima kasih ke Mbah Kesurupan, lantaran di Minggu pagi yang indah, dirinya sudah mulai memahami arti ikhlas yang sesungguhnya. Ikhlas yang oleh Abu Lawas mudah diucapkan tapi lebih mudah mempraktikannya, meski di saat itu ditawarkan uang untuk kepentingan hidup di dunia

0 Response to "BELAJAR IKHLAS"