PANTUN KETEMU SETAN


oleh: Oesman Ratmadja

Engkong bilang, kalau mau makan keTAN
Enaknya dicampur sama kelapa paRUT
Kalau tengah malam ketemu sosok seTAN
Jangan disambut dengan gemetar, apalagi taKUT

Bukankah manusia pintar banget bertuTUR
Malah juga banyak yang sengaja jadi peniPU
Jadi, langsung aje gue ajak main caTUR
                                                     Eh.. tuh setan malah langsung tersipu siPU

Gue bilang, kalo ente gak bisa diaTUR
Nggak boleh nangkring di pohon nangKA
Kalo lo nggak mau diajak main caTUR
Lo nggak usah berlagak jadi uka uKA

Gue tuh nongol lantaran ada gunTUR
Jadi, mau tidur malahan gak nganTUK
Gue tuh emang nggak bisa main caTUR
Tapi mau belajar bawaannye  sunTUK

Gue bilang kalo mau tetap di IndoneSIA
Gak usah banyak gaya, jangan sok akSI
Lo kan yang selalu ngebujuk manuSIA
Supaya mereka bangun budaya korupSI

Emannye kapan gue pernah ngeraJUK
Sejak reformasi gue tuh langsung cuTI
Sumpah..Gue tuh dah pensiun ngebuJUK
Kan manusia dah gak berminat jaga haTI

Sejak hutan di negeri gue abis dibaBAT
Panorama indahnya jadi gak keliaTAN
Buktinya, kalo koruptor belagak toBAT
Doanya hindari hamba dari bujukan seTAN

Waduuh... siape yang ngasih amaNAH
Malah, waktu ngejabat dia disumPAH
Wah..,, yang doanya begitu jelas memfitNAH
Manusia kayak gitu layak dibilang samPAH

Benar omongan lo gak mengada aDA
Kalo gitu mesti berani sumpah oRANG
Tapi, mereka bilang lo yang ngegoDA
Maksudnye mau jujur akhirnya cuRANG

Makanya jadikan Al Qur'an : petunJUK
Bacalah di waktu punya kesempaTAN
Bangsa gue tuh dah malas ngebuJUK
Soalnya gak dibujuk manusia dah pada jadi seTAN